MENANAM TANAMAN PRODUKTIF


A.    Taukah kalian dengan tumbuhan 

           Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri khusus sehingga bisa dibedakan dari makhluk hidup lainnya. Ciri-ciri khusus tersebut antara lain tubuhnya tersusun atas banyak sel (multiseluler) selnya sudah memiliki membran inti (eukariotik), memiliki dinding sel dari selulosa, dan umumnya mempunyai klorofil sehingga mampu membuat makanannya sendiri melelui proses fotosintesis.
Disamping itu tumbuhan juga merupakan salah satu sumber daya alam hayati yang banyak dimanfaatkan oleh manusia. Secara umum, manfaat tumbuhan bagi manusia antara lain sebagai bahan bangunan (bahan untuk membuat mebel, kapal laut, dan jembatan), sebagai bahan untuk membuat obat , sebagai bahan makanan, dan sebagai tanaman hias. Manusia selalu berusaha untuk meningkatkan taraf hidupnya dengan melakukanberbagai usaha, salah satunya melalui usaha budidaya tanaman
 
B.    Ternyata tumbuhan juga punya keluarga!!!!!

Tumbuhan dapat dikelompokan menjadi beberapa kelompok tergantung dari dasar   pengelompokannya. Misalnnya  :
1.  Berdasarkan ada tidaknya pembuluh angkut, tumbuhan dikelopokan menjadi dua kelompok, yaitu tumbuhan tak berpembuluh (tumbuhan lumut) dan tumbuhan berpembuluh (tumbuhan paku dan tumbuhan biji).
2.    Berdasarkan ketinggiannya, tumbuhan  dibedakan  menjadi semak, herba, perdu, dan pohon.
3.  Berdasarkan manfaatnya, tumbuhan dibedakan menjadi tumbuhan sayur-sayuran, tumbuhan obat, tumbuhan buah-buahan, tumbuahan rempah-rempah, dan sebagainya.
4.  Berdasrkan jenis batangnya, tumbuhan dibedakan menjadi tumbuhan batang lunak dan batang keras.
       (Lailasari Dan Nunung N: 2011)

C.    Apa sih itu ?   Tanaman Produktif 

Tanamam banyak  sekali jenisnya, ada yang bermanfaat ada juga yang merugikan bagi manusia dan makhluk lainnya.dengan akal yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa manusia berupaya untuk mencari cara memperbanyak atau membiakkan tanaman-tanaman bermanfaat untuknya.  Upaya manusia untuk mengembangkan tanaman yang mempunyai manfaat dan nilai ekonomis (menghasilkan uang) ini dikenal dengan istilah bududaya tanaman. Dalam buku panduan ini, jenis tanaman yang dibudidayakan adalah  tanaman produktif.
Tanaman produktif adalah semua jenis tanaman yang dapat menghasilkan (buah) sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia. Beberapa contoh tanaman produktif diantaranya : Pohon mangga, pohon rambutan, pohon kelapa, cabai, tomat, terung, dan lainnya. Selain dimanfaatkan untuk penghijauan fungsi tanaman hidup adalah untuk di ambil hasilnya.


D.    Ini nich Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman 

 
Pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman dipengaruhi oleh faktor dalam (intern) dan faktor luar (ekstern).
1.      Faktor Dalam (intern)
Faktor dalam merupakan faktor yang berasal dari dalam tubuh tanaman itu sendiri. Faktor-faktor yang termasuk ke dalam faktor intern sebagai berikut :
a)      Gen merupakan sifat yang tidak tampak dari luar, bersifat pembawa faktor  keturunan sehingga sifat yang dimiliki induknya akan diturunkan kepada keturunnannya.
b)      Hormon
Hormon yang terlibat pada proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman meliputi hormon tumbuh (auksin), hormon penghambat pertumbuhan, hormon pembentuk organ tubuh (kalin, misal: rizokalin), dan hormon luka (asam traumalin).
2.      Faktor Luar (ekstern)
Faktor luar merupakan faktor-faktor yang berasal dari tubuh tanaman. Faktor-faktor yang masuk ke dalam faktor luar antara lain:
1.      Media tanah (tanah)
Tanaman akan subur pada tanah yang subur dan gembur. Tanah yang gembur memberi kesempatan pada akar tanaman untuk lebih leluasa menyerap sari makanan dan air dari tanah. Penggemburan dapat dilakukan dengan mengolah tanah dengan cangkul atau traktor serta menambahkan bahab organik seperti serasah daun yang sudah lapuk, kotoran hewan, kompossekam, jerami dll. Selain gembur, tanah juga harus porous. Tanah porous artinya tanah yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan air atau menjaga kemampuan sehingga air tidak menggenang. Genangan air mengebakan akar tidak memndapatkan oksigen sehingga tidak bisa bernafas dan juga tanaman dengan mudah terserang penyakit.
2.      Air
Setiap hari tanaman akan mengeluarkan air terutama pada siang hari yang panasnya terik melalui proses yang disebut traspirasi. Oleh karena itu,tanaman tersebut memerlukan penggantinya dengan cara menganbil air tersebut dari dalam tanah oleh akar.
3.      Cahaya Matahari
Tanaman harus disimpan ditempat yang penyinaran mataharinya baik. Hal ini berhubungan dengan kemampuan tumbuhan tersebut untuk melakukan fotosintesis dan pertumbuhan batang. Pertumbuhan batang juga sangat dipengaruhi oleh arah datangnya sumber cahaya. Jika sumber cahaya itu lurus dengan tanaman yang kita tanam, batang tanaman tersebut akan tumbuh lurus sedangkan jika sumber cahaya datang dari samping, batang akan membelok ke arah sumber cahaya.

........disambung yaaa..........
MENANAM TANAMAN PRODUKTIF MENANAM TANAMAN PRODUKTIF Reviewed by begreengeneration on 18.43 Rating: 5

Tidak ada komentar :