HIDUP SEHAT DI SEKOLAH

A.  Mencuci tangan 


Sudahkan kalian mencuci tangan sebelum makan..?, 

Mencuci tangan merupakan salah satu kebuasaan baik yang harus kita tanamankan sejak kecil. Mengapa?, karena apabila kita sudah terbiasa mencuci tangan sejak kecil maka kebiasaan tersebuat akan kita lakukan hingga tua nanti. Mencuci tangan dapat menghilangkan kuman, virus, bakteri dan kotoran yang melekat di tangan. Setelah bermain di halaman atau setelah keluar dari kamar mandi, tangan kita akan ditempeli banyak kuman. Walaupun kadang tangan kita terlihat bersih. Kuman yang menempel di tangan akan masuk ke dalam tubuh kita ketika kita makan. Akibatnya perut akan menjadi sakit atau kita akan mengalami diare.


Sebelum dan sesudah 
makan kita harus 
mencuci tangan
a.     Sebelum dan setelah makan 

Mencuci tangan dengan sabun sangat penting dilakukan sebelum makan. Bakteri dan kotoran yang menempel di tangan harus dibersihkan dengan sabun. Mengapa dengan sabun?. Karena kuman tidak akan mati atau hilang jika hanya menggunkan air saja. Air yang kita gunakan diusahakan adalah air yang mengalir, agar kotoran dapat ikut terhanyut jika air tersebut mengalir. Jika kita makan dengan tangan yang kotor, bakteri akan ikut masuk dalam tubuh kita. Bakteri tersebut akan merusak dan berkembang biak dalam sistem pencernaan. Akibatnya kita akan mengalami sakit perut atau diare. Setelah makan sebaiknya kita juga mencuci tangan kembali. Sisa makan di tangan apabila tidak dibersihkan dapat memancing kuman atau bakteri untuk bersarang di tangan kita. 


b.  Setelah dari kamar mandi
Jangan lupa 
cuci tanganmu setelah
dari kamar mandi


Kamar mandi merupakan salah satu tempat bersarangnya kuman penyakit. Setelah buang air besar maupun kecil kita harus mencuci tangan dengan sabun. Walaupun tangan kita terlihat bersih saat keluar dari kamar mandi, kita tidak pernah tahu seberapa banyak bakteri yang hinggap di tangan kita. Apalagi jika kamar mandi tersebut merupakan KM umum seperti di sekolah maupun di terminal. Pegangan pintu, ciduk, ember, dinding yang terlihat bersih, sebetulnya ditempeli beribu-ribu atau bahkan berjuta-juta bakteri. Oleh sebab itu biasakan lah mencici tangan setelah dari kamar mandi.



  
c.     Setelah bermain di halaman 

Bermain di halaman merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bermain pasir, memetik bunga, bermain bola adalah kegiatan yang sering kita lakukan di halaman sekolah. Setelah bermain di halaman alangkah baiknya jika kita mencuci tangan dahulu sebelum masuk ke dalam kelas. Mengapa? Karena debu yang menempel di tangan kita bisa jadi mengadung bakteri. Cucilah tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir, setelah itu barulah kita mengikuti pelajaran.





adik adik jangan lupa ya!!!!!!!!!! 
untuk cuci tangan setelah beraktifitas








CARA MENCUCI TANGAN 



mencuci tangan, langkah-langkah 


A.    Membuang sampah pada tempat sampah

Sudahkah kalian membuang sampah pada tempatnya?. Jika belum, belajarlah mulai dari sekarang. Sampah adalah salah satu masalah besar di Indonesia. Kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan dapat mengakibatkan berbagai kerugian. Misalnya membuang sampah di sungai mengakibatkan banjir, membuang sampah di taman dapat merusak keindahan, membuang sampah di sembarang tempat dapat merusak tanah dan menjadi sarang penyakit. Oleh sebab itu buang lah sampah di tempat yang telah di sediakan, seperti tong sampah, bak, maupun kantong sampah. Sampah di bedakan menjadi 2 organik dan anorganik. Sampah organic adalah sampah yang berasal dari mahluk hidup seperti daun atau sisa sayuran. Sedangkan anorganik adalah sampah yang berasal dari bahan yang tidak berasal dari mahluk hidup, seperti plastic dan kaleng. Botol plastic memiliki sifat yang sangat sukar di uarai oleh alam maka dari itu kita harus meminimalisir penggunaan barang-barang yang menggunakan bahan dasar plastic.

 
 Botol air mineral dan gelas air mineral

diremukkan ya!!!!!
Setelah meminum air mineral biasanya kita langsung membuangnya begutu saja. Sebetulnya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan apabila ingin membuang botol air mineral,
Pertama, apabila masih tersisa air didalamnya segera habiskan atau buang. Kita harus membuang sisa air dalam kemasan karena apabila kita biarkan ditempat sampah dalam keadaan menggenang dapat menjadi sarang nyamuk dan kuman.
Kedua, hancurkan atau remukkan botol tersebuat agar tidak dapat digunakan atau diisi ulang kembali. Botol mineral bekas yang digunakan kembali dapat mengakibatkan kanker, karena botol tersebuat dibuat untuk 1 kali pakai. Selain itu meremukan botol dapat meminimalisir penggunaannya untuk air mineral palsu. Meremukkan botol juga dapat menghemat ruang dalam tempat sampah, sehingga tempat sampah dapat menampung lebih banyak sampah yang lain.


  Menginformasikan tentang kegiatan cinta lingkungan oleh GG
Setelah mendapatkan informasi di atas dan membuat mading GG, kalian dapat menginformasikanya kepada teman-teman kalian. Biasakanlah hidup bersih dan sehat mulai dari sekarang. SALAM GREEN GENERATION.


HIDUP SEHAT DI SEKOLAH HIDUP SEHAT DI SEKOLAH Reviewed by begreengeneration on 07.32 Rating: 5

Tidak ada komentar :